-->

Kisah Horror di Lereng Sumbing

duniamisteri - Gunung Sumbing penuh setan dan hantu! Mungkin ungkapan itu berasal dari orang-orang yang belum pernah mendaki Gunung Sumbing secara langsung.


Gunung Sumbing dengan tinggi 3.371 mdpl, menempati urutan kedua dalam jajaran gunung tertinggi di Jawa Tengah. Satu tingkat di bawah Gunung Slamet, membuat Gunung Sumbing juga menjadi spot petualangan yang populer di kalangan petualang.

Popularitasnya tidak jauh dari kondisi jalur dan trek pendakian yang ada di Gunung Sumbing. Pendakian Gunung Sumbing tentu sudah terkenal dengan kondisi treknya yang dapat menguji mental dan tekad, membuat dengkul bisa ketemu sama dagu.

Dengan kondisi seperti ini, petualang dan pendaki junior sepertinya butuh pengawasan ketat dari para seniornya jika ingin mendaki Gunung Sumbing ini. Nah, selain terkenal dengan keganasan trek pendakiannya, ada hal lain yang membuat Gunung Sumbing ‘disegani’ sebagian petualang.

Hal lainnya tersebut adalah segala hal mistis dan magis serta penuh misteri yang akan mewarnai pendakian lo di Gunung Sumbing. Percaya atau tidak, Gunung Sumbing masih kental sekali dengan hal-hal berbau klenik. Oleh karena itu, tidak bisa sembarang jika ingin berpetualang ke sana.

Buat lo yang semakin penasaran apa saja hal klenik, atau hal-hal penuh mistis di Gunung Sumbing, berikut 9 hal mistis penuh magis yang akan menjadi teman seperjalanan lo saat mendaki Gunung Sumbing.

Nama Sumbing Berasal dari Cerita Rakyat di Sana

Percaya atau tidak, ada sejarah yang sudah diceritakan secara turun temurun tentang nama Sumbing. Sejarah tersebut memuat kisah dua anak laki-laki kembar yang sering sekali berkelahi. Karena si orang tua tidak tahan akan perkelahian dua putra kembarnya tersebut, si orang tua memukul salah satu putranya hingga bibirnya robek (sumbing).

Dari kejadian inilah, nama Gunung Sumbing berasal. Bicara soal Gunung Sumbing, tentu akan berkaitan dengan Gunung Sindoro. Konon katanya, Sindoro adalah representasi dari saudara kembar si Sumbing yang ada di cerita di atas.

Di Gunung Sumbing Ada Peri, Lo Percaya?

Banyak pendaki dan warga sekitar yang sudah mengaku pernah melihat mahluk bercahaya di kawasan Gunung Sumbing. Banyak yang berpendapat kalau mahluk bercahaya tersebut adalah rupa dari peri-peri kecil yang tidak ingin terlihat oleh para manusia.

Namun, ada juga yang menganggap mahluk-mahluk bercahaya itu adalah para jin yang ingin memperdaya para pendaki atau petualang saat dalam pendakian Gunung Sumbing.

Orang Tua Jawa Sedang Menghisap Kemenyan

Jangan kaget jika melihat ada orang tua yang beraksen jawa kuno yang tengah duduk atau berdiri berjajar di pinggiran trek pendakian dan tengah menghisap rokok dengan bau yang tidak biasa ya. Bau yang tidak biasa tersebut berasal dari sebuah rokok yang di dalamnya dicampur oleh kemenyan.

Kemenyan dipercaya sebagai salah satu material yang disukai oleh mereka yang tidak kasat mata. Oleh karena itu, sampai sekarang belum ada keterangan khusus, mengapa orang tua jawa itu duduk berjajar di pinggir trek pendakian sembari menghisap rokok kemenyan tersebut.

Penampakan Sekumpulan Orang Berbaju Putih

Banyak juga nih pendaki yang melihat penampakan seperti ada perkumpulan orang yang tengah berdiskusi duduk melingkar dan menggunakan baju putih bersih. Walau tidak pernah mengganggu, banyak pendaki yang mengaku juga begitu melihat penampakan tersebut, sontak mereka hilang.

Penduduk atau masyarakat sekitar yang sudah paham akan seluk beluk Gunung Sumbing, percaya jika mereka adalah beberapa pendiri dan tokoh agama islam di tanah jawa yang tengah berdiskusi kelangsungan agama mereka di tanah jawa ini.

Penampakan Pertapa yang Duduk Bersila

Sebagian terlihat mengenakan pakaian hitam atau putih, para pendaki juga tidak perlu kaget jika banyak melihat penampakan orang-orang yang duduk bersimpuh bersila tengah komat-kamit seperti melafalkan mantra, mereka adalah para pertapa.

Diketahui, Gunung Sumbing adalah salah satu gunung yang kerap dikaitkan dengan gerbang paling dekat untuk menuju alam yang tidak kasat mata. Mereka yang datang ke sana, konon katanya berusaha untuk berkomunikasi dengan para penunggu dengan maksud-maksud tertentu.

Pesugihan Gunung Sumbing, Kekayaan Dibayar Nyawa

Hal ini adalah salah satu hal paling sering dibicarakan oleh para petualang dan pendaki selama perjalanan. Banyak dari mereka diberitahu jika ingin kaya secara cepat, cukup menyediakan satu sampai dua nyawa untuk para penunggu Gunung Sumbing, katanya akan mendatangkan kekayaan secara cepat.

Benar atau tidaknya, sepertinya tidak usah lo coba bro. Karena jelas kedatangan lo ke sana hanya akan menikmati segala keindahan alam yang luar biasa di jalur pendakian sampai ke Puncak Gunung Sumbing.

Disesatkan Oleh Para Penunggu

Pernah dengar ada berita para petualang atau pendaki Gunung Sumbing tersesat? Konon katanya, mereka yang tidak kasat mata terkadang suka ‘jahil’ kepada para petualang atau pendaki dengan menyesatkan mereka dari jalur pendakian.

Oleh karena itu, pastikan – untuk menghindari lo tersesat atau terpisah dari rombongan, pastikan ada senior yang mengawasi dari depan dan belakang. Kedua, tetap fokus dengan teman di depan atau di belakang dan perhatikan jalur pendakian yang lo lewati.

Cukup menyeramkan? Santai aja bro!

Lo ke sanakan untuk menikmati segala keindahan alam yang ada di Gunung Sumbing, tidak perlu takut jika lo juga tidak merasa ingin mengganggu mereka!

Baca juga

Post a Comment